Rabu, 27 Februari 2019

SANTRI

Menurut kami (walau terkadang keberadaannya dipandang sebelah mata dan tidak jarang pula fitnah menimpanya, seperti para pendahulunya para nabi) santri adalah manusia yang paling siap untuk menghadapi dan menjalani hidup, tidak terbayang besok akan jadi apa, maka dari itu santri dalam menuntut ilmu " LURUSKAN NIAT LILLAHI TA'ALA untuk mengurangi kebodohan diri, tidak berkeinginan untuk jadi apa-apa, menuntut ilmu selamanya ". Mereka melakoni perjalanan hidup dengan ilmunya. Yang penting "jadi apa-apa itu tidak penting", ridlo Allah-lah yang terpenting.

Santri tidak pernah membayangkan besok jadi apa, makan apa, kerja apa, karena mereka mempunyai keyaqinan bahwa Allah SWT telah menjamin rizqi semua makhlukNya. Santri bekerja proyekan bisa dan biasa, yang selain santri kerja proyekan tidak kalah banyaknya, dan bekerja seperti umumnya masyarakat juga bisa dan biasa. Mereka berpatokan yang penting halal, berkah dan diridloi Allah SWT.

Paling cocok untuk santri dalam mencari jodoh ya yang sekuffu (sama santrinya), karena biasanya lebih bisa menerima keadaan pasangannya, bisa sejalan & seperjuangan. Terkadang ada yang takut tentang masa depan anaknya jikalau pasangan hidup anaknya nanti adalah seorang santri, karena mereka belum tahu kalau santri itu serba bisa. Santri jangan risau, karena kalau sudah jodoh pasti akan datang.

رب زدني علما وارزقني فهما

أمين